Penamatan Siswa-Siswi SMKN 6 Manado Tahun Pelajaran 2023/2024

penamatan 1

SMK Negeri 6 Manado  menggelar pelepasan dan penamatan siswa-siswi kelas XII angkatan XIV Tahun Pelajaran 2023/2024  Rabu,7 Mei 2024. Sebanyak 365 siswa-siswi kelas XII dilepas untuk dikembalikan kepada orang tua / wali murid.

Prosesi pelepasan dan penamatan ini dilaksanakan di Sport Hall   SMK Negeri 6 Manado berjalan lancar dan penuh rasa haru. Banyak peserta, orang tua wali murid dan dewan guru SMK Negeri 6 Manado yang mengahadiri pelepasan atau penamatan itu menggambarkan raut wajah yang sedih dan terharu dan yang pasti perasan ini bercampur aduk karena mereka dalam perjuangan selama kurang lebih 3 tahun sudah mengalami sedih maupun senang sebagai dinamika dalam proses pembelajaran.

Sebagaimana tema yang mereka angkat yaitu “Akhir Cerita Awal Realita” yang dimaknai bahwa penamatan ini merupakan akhir dari dinamika pembelajaran selama tiga tahun dan saatnya masuk dalam realita situasi yang baru berada di dunia kerja ataupun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Betapa tidak, rasa kebersamaan selama tiga tahun menjadi keluarga besar SMK Negeri 6 Manado telah berakhir. Suasana haru semakin terasa ketika prosesi penyematan bunga dari alumni ke orang tua/wali siswa yang dibalut dengan narasi-narasi perjuangan guru dan orang tua dalam mendidik mereka dan saatnya mereka masuk dalam realita bahwa sudah harus mandiri. bernuansa perpisahan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Ibu Altje Salele, S.Pd.,M.Pd. beliau mengingatkan bahwa guru-guru dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 6 Manado sudah memberikan pelayanan yang terbaik bagi para lulusan ini dan saatnya mereka masuk dalam realita didunia kerja atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan tetap berkomitmen untuk menjaga nama baik institusi sekolah dan keluarga sehingga kedepan nanti boleh menjadi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

Hadir dalam kegiatan ini, Staf Khusus Gubernur Sulut bidang Pendidikan Dra. Anne Dondokambey, DEA., Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara Debby Mamangkey, S.Pd., M.Pd, Pengawas Sekolah Dra. Vonny Tambuwun, M.Pd. dan para tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutan Staf khusus Pendidikan beliau mengatakan, pendidikan adalah tolak ukur kemajuan suatu bangsa, dan dengan pendidikan bermutu dapat menjadikan para lulusan diterima didunia kerja, mendiriakan usaha atau melanjutkan pendidikan tinggi dan yang pasti mereka akan menerima tongkat estafet kepemimpinan dan ditangan mereka Republik Indonesia dipetaruhkan apalagi generasi ini akan menjadi pemimpin dimasa Indonesia Emas dan Bonus Demografi. Beliau juga bercerita tentang keadaan SMKN 6 Manado dulu dan sekarang. Beliau sangat mengetahui perkembangan SMKN 6 Manado yang saat ini sudah mengalami kemajuan pesat , tentunya capaian ini merupakan kolaborasi yang baik dari semua pihak (Sekolah, Pemirintah dan Masyarakat/Orang Tua) .

Sementara itu, Pengawas Sekolah berharap tamatan ini ke depannya bisa Bekerja, Melanjutkan, atau BerwirausahaKami pun berterima kasih kepada para guru yang telah membimbing anak-anak ini sehingga bisa ditamatkan hari ini,” ujarnya.

 “Saat ini sekolah SMKN 6 Manado menjadi sekolah yang terkemuka, bidang Farmasi dan Layanan Kesehatan baik sarana atau gurunya sangat bagus. Terima kasih juga kepada kepala sekolah Ibu Altje Salele, M.Pd.,” ujarnya.

Dengan pelaksanaan pelepasan atau penamatan di SMKN 6 Manado menjadi awal realita bagi para lulusan mengapai masa depan yang gilang gemilang.

Salam Pendidikan!

JO

Pos Terkait