Pelepasan Siswa Kelas XII SMKN 6 Manado Tahun 2024

Pelepasan siswa kelas XII SMKN 6 Manado pada, Selasa (7/5/2024).

Manado – SMKN 6 Manado menggelar acara pelepasan siswa Kelas XII pada, Selasa (7/5/2024). Menariknya, tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Akhir Cerita, Awal Realita”.

“Kami melakukan koordinasi dengan panitia yang ada di sekolah. setelah pengumuman tanggal 6 Mei, dilanjutkan 7 Mei dengan acara pelepasan siswa SMKN 6 Manado sebagai alumni,” ungkap Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd kepada wartawan, Selasa (7/5/2024).

Altje Salele menuturkan, tema yang diambil adalah “Akhir Cerita, Awal Realita” ingin menggambarkan bahwa pihak sekolah sudah melepaskan para siswanya untuk terjun mungkin ke dunia usaha, industri, atau perguruan tinggi.

“Akhir cerita mereka di sekolah, inilah awal dari realita,” tuturnya.

Ditanya tentang alasan membuat kegiatan pelepasan siswa Kelas XII di sekolah, dia mengatakan, agar orang tua melihat langsung di mana tempat anak mereka menimba ilmu atau belajar. Jadi ada orang tua yang mungkin saat dipanggil rapat tidak datang, bahkan sampai penamatan baru mereka datang.

“Inilah tempat mereka belajar, dan ini merupakan suatu ajang promosi untuk SMKN 6 Manado. Untuk para lulusan, bahwa mereka bangga berada di SMKN 6 Manado,” ujarnya.

Dia mengatakan, respon orang tua terkait kegiatan di sekolah itu sangat baik, dan antusias. Apalagi pihak sekolah tidak memberikan beban kepada orang tua dalam pelaksanaan pelepasan siswa itu.

“Respon orang tua sangat gembira, dengan penamatan ini langsung dari sekolah. Kami tidak memberikan beban kepada orang tua. Jadi Mereka hanya sebagai undangan untuk menyaksikan pelepasan anak-anak mereka,” ujarnya.

Altje Salele mengatakan, untuk pembiayaan kegiatan itu ditanggung oleh sekolah, meski ada beberapa orang tua berinisiatif membawa makanan untuk makan bersama. Jadi acara ini terselenggara atas inisiatif dari sekolah.

“Orang tua benar-benar sebagai undangan untuk menyaksikan pelepasan anak-anak mereka,” ujarnya.

Kepada para siswa yang telah lulus, dia berpesan, mereka akan memulai realita apakah melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja, atau bekerja ke luar negeri.

“Itu tinggal pilihan mereka,” tuturnya.

Kegiatan pelepasan siswa Kelas XII SMKN 6 Manado ini turut dihadiri Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan Dra Anne Dondokambey MSi, Pengawas Dra Vonny Tambuwun MPd, serta undangan lainnya.

Berdasarkan data yang ada, tingkat kelulusan di SMKN 6 Manado mencapai 97 persen dari total 337 siswa. Sejumlah siswa dinyatakan tidak lulus karena ada yang meninggal dunia, tidak melanjutkan sekolah. (ika)

Pos Terkait