Ada 2 Guru SMKN 6 Manado Lulus Seleksi Calon Guru Penggerak Reguler Angkatan 11

Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd saat foto bersama para guru.

Manado – Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM terus dilakukan pihak SMKN 6 Manado, termasuk melalui keikutsertaan para gurunya dalam seleksi untuk menjadi Guru Penggerak.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek RI mengumumkan hasil seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak (CGP) Reguler Angkatan 11, ada guru yang berasal dari SMKN 6 Manado.

Di Sulut ada 155 guru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang lulus seleksi tahap 2 CGP Reguler Angkatan 11 ini, 2 di antaranya dari SMKN 6 Manado.

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Dr Kasiman menyampaikan bahwa, bahwa tim seleksi Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses Seleksi Tahap 2 CGP Reguler Angkatan 11.

“Sebanyak 50.101 kandidat mengikuti seleksi Tahap 2 simulasi mengajar yang dilaksanakan pada 10 Januari sampai 12 Februari 2024,” ungkap Kasiman dalam surat nomor 1504/B3/GT.03.00/2024 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota di Indonesia tertanggal 30 April 2024.

Kasiman mengungkapkan, sebanyak Sebanyak 48.548 kandidat mengikuti seleksi Tahap 2 berupa wawancara, yang dilaksanakan pada 15 Februari sampai 23 Maret 2024. Dari jumlah itu, sebanyak 31.072 kandidat dinyatakan lulus seleksi tahap 2.

“CGP yang lulus seleksi tahap 2, berhak untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak  (PGP) angkatan 11 atau angkatan berikutnya, dengan mempertimbangkan ketersediaan Pengajar Praktik dan kebutuhan masing-masing kabupaten dan kota dimaksud,” papar Kasiman.

Dia mengatakan, PGP angkatan 11 rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2024, dan angkatan berikutnya akan diinformasikan kemudian.

Pelaksanaan PGP akan disampaikan oleh penyelenggara pendidikan (BBGP/BGP) wilayah kewenangannya, melalui surat undangan pemanggilan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, terdapat 155 CGP dari Sulut yang berasal dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Ratusan CGP ini tersebar di 13 kabupaten dan kota di Sulut, hanya Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Bolmong Timur yang tidak ada peserta CGP.

Di Kota Manado, terdapat sejumlah sekolah yang gurunya lolos sebagai CGP, salah satunya adalah SMKN 6 Manado yang meloloskan 2 guru. Mereka adalah Inggrit Norma Tombeng, dan Akbar Dzulhijjah Soleman. 

Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd menyambut baik lulusnya 2 guru sebagai CGP Reguler Angkatan 11 ini. Menurutnya, hal itu menjadi kebanggaan sekaligus menunjukan komitmen sekolah untuk pengembangan dunia oendidikan.

“Ini kebanggaan bagi sekolah, memotivasi guru yang lain untuk terus meningkatkan komptensi untuk kemajuan bidang pendidikan,” tutur Altje Salele saat dikonfirmasi, Sabtu (11/5/2024) lalu. (ika)

Pos Terkait